Menu Tutup

Latar Belakang

ZAKAT adalah ibadah yang memiliki posisi yang sangat strategis baik dari aspek keagamaan, sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Peran strategis ini secara nyata dinyatakan di dalam Al-Qur’an dan Hadits, serta terefleksikan dalam sejarah Islam.

Syariat zakat diturunkan kepada Rasulullah saw pada tahun kedua hijriyah. Pada masa itu, Rasulullah saw turun tangan dan mengangkat beberapa sahabat sebagai amil zakat yang bertugas menarik zakat dari para wajib zakat (muzaki), mendatanya di Baitul Maal, dan menyalurkannya kepada orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahik). Syariat zakat ini selanjutnya dipegang teguh oleh para Khulafa’ur-Rasyidin. Bahkan, pada masa Abu Bakar ra., khalifah memerangi orang yang melaksanakan shalat tapi tidak mau menunaikan zakat.

Dalam kitab Bidayah wa Nihayah karya Imam Ibnu Katsir1, pada masa Khalifah Mu’awiyah ra., zakat dikelola dan dipergunakan oleh negara melalui Baitul Maal untuk mendanai kaum muslimin di wilayah perbatasan dengan Byzantium untuk membantu masyarakat miskin yang diiming-imingi harta untuk berpindah agama dan kewarganegaraan, menjaga stabilitas perekonomian dan harga kebutuhan pokok penduduk, dan bahkan untuk mendanai satuan-satuan pasukan penjaga perbatasan.

Sejarah gemilang pengelolaan zakat mengemuka pada era Umar bin Abdul Aziz, di mana pada masa ini, ijtihad zakat atas penghasilan ditetapkan oleh khalifah dan bersifat wajib.2 Kebijakan ini berdampak pada melimpahnya dana di Baitul Maal yang digunakan pemerintah untuk membantu fakir dan miskin. Pada masa kepemimpinan beliau yang hanya dua tahun, dana zakat berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hingga tidak ada lagi orang yang mau menerima zakat. Pengelolaan zakat yang baik di era ini memberi dampak pada berkurangnya konsumerisme masyarakat dan perilaku korupsi di kalangan pejabat serta meningkatkan produktivitas ibadah maupun muamalah masyarakat.

Dalam catatan sejarah tersebut, pengelolaan zakat sepenuhnya dilaksanakan oleh waliyul amr, yaitu pemerintah yang memiliki kekuasaan untuk menarik zakat dari tangan para muzaki. Dari dana tersebut, zakat didistribusikan kepada para mustahik di seluruh wilayah-wilayah negeri kaum muslimin tanpa terkecuali. Dalam konteks sejarah ini, zakat merupakan bagian dari instrumen penting dalam ketatanegaraan.

Kondisi kontemporer hari ini, pengelolaan zakat terbagi menjadi tiga model. Model pertama, pengelolaan zakat diakui oleh negara yang diakomodasi dalam peraturan perundang-undangan dan bersifat wajib kepada penduduk muslim di negara ter-sebut. Kedua, pengelolaan zakat diakui oleh negara yang diatur dalam undang-undang, namun tidak bersifat wajib kepada penduduk muslim. Ketiga, pengelolaan zakat tidak diatur dalam tata perundang-undangan dan diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

Pengelolaan zakat pada model pertama merupakan kondisi ideal pengelolaan zakat sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah saw. Negara mengambil peran dalam pengelolaan zakat. Contoh ini tampak pada Arab Saudi dan Sudan, di mana zakat diatur secara resmi dan diwajibkan kepada penduduk muslim. Di Sudan, penge-lolaan zakat mampu menutupi ketimpangan pendapatan bagi penduduk miskin di negara yang tengah mengalami embargo ekonomi tersebut. Sementara di Arab Saudi, penduduk miskin mendapat subsidi bulanan langsung kepada rekening pri-badi dari kas negara. Alhasil, kesenjangan sosial dan angka kriminalitas cenderung rendah di kedua negara tersebut.

Belajar dari sejarah dan pengalaman beberapa negara tersebut, seharusnya menjadi pelajaran yang berharga bagi bangsa Indonesia untuk menjadikan zakat sebagai sa-rana untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskin-an, membangkitkan ekonomi kerakyatan, dan memoderasi kesenjangan sosial.

Dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna, zakat harus dikelola secara melembaga sesuai dengan syari’at Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi, dan akuntabilitas sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat.

Dalam upaya mencapai tujuan pengelolaan zakat, maka dibentuklah amil zakat tingkat nasional disebut BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), tingkat Provinsi BAZNAS Provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota BAZNAS Kabupaten/ Kota merupakan lembaga non struktural yang dibentuk oleh pemerintah bersifat mandiri dan bertanggungjawab kepada pemerintah dan masyarakat sesuai tingkatannya.

 

 

  1. Ibnu Katsir dalam Kitab Al-Bidayah wa Nihayah
  2. Al-Qaradhawy, Yusuf dalam Kitab Fiqh-uz-Zakah.
instagram takipçi instagram takipçi free followers for instagram instagram takipçi satın al instagram free followers free instagram followers instagram takipçi kasma instagram beğeni hilesi cheat follower for instagram instagram giriş instagram free follower İskenderun escort Trabzon Escort Avcılar Escort İskenderun Escort bayan Malatya Escort Malatya Escort instagram takipçi kasma instagram takipçi hilesi instagram beğeni hilesi instagram takipçi instagram giriş instagram takipçi satın al instagram free followers instagram free follower cheat follower for instagram free instagram followers free followers for instagram eskişehir evden eve nakliyat halı yıkama web tasarım evden eve nakliyat youtube video indir hacklink al hacklink panel hacklink paykasa bozum hacklink satış hacklink satış hacklink hacklink satış hacklink satış wso shell Beylikdüzü Escort Bahçeşehir Escort türk porno Sincan Escort maltepe escort Ataşehir Escort Ankara Escort Beylikdüzü Escort Pendik Escort pendik escort Mersin Escort Beylikdüzü Escort ankara escort porno izle Ataşehir Escort ANKARA ESCORT Pendik escort Pendik escort Kadıköy Escort Etlik escort Bahçeşehir Escort Ankara Escort Çankaya Escort Eryaman Escort İstanbul Escort Bodrum Escort ankara escort Antalya Escort ankara escort Ankara Escort escort bayan ankara izmir Escort Beylikdüzü Escort Antalya escort istanbul Escort Ankara Escort İzmir Escort Ankara escort Kartal Escort http://www.ankaraal.com/ ankara escort Ankara Escort Escort Bakırköy Escort ataköy Escort halkalı Escort Şirinevler Şişli Escort Bayan Esenyurt Escort Bayan Beşiktaş Escort Etiler Escort Taksim Escort Kartal Escort Ataşehir escort Bostancı Escort Ümraniye escort Ataşehir Escort Kurtköy Escort Kadıköy Escort Kurtköy escort Ataşehir Escort Pendik Escort Kadıköy Escort Üsküdar Escort Kartal Escort Ataşehir Escort Mutlukent Escort Bostancı Escort Ataşehir Escort Bostancı Escort Kadıköy Escort Kurtköy Escort istanbul escort Kurtköy Escort Pendik Escort vegabet giriş vegabet mersin escort adana escort eryaman escort
c99 shell hacklink istanbul evden eve nakliyat hacklink Google